Ariani, Fransisca Ratih (2024) PENGARUH EMPLOYER ATTRACTIVENESS, MEDIA SOSIAL DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP NIAT MELAMAR PEKERJAAN PADA GENERASI Z DI INDONESIA TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
Text
TESIS FRANSISCA RATIH ARIANI 22132002.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat cepat ini berakibat pada semakin tingginya ketidakpastian dalam dunia usaha dan lingkungan bisnis. Hal ini pun memaksa perusahaan untuk terus melakukan perubahan dan inovasi untuk dapat terus bertahan dan memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis. Perubahan yang dilakukan oleh perusahaan ini juga membawa dampak terhadap kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten yang diharapkan mampu mengatasi setiap tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif untuk memenangkan persaingan. Dengan tantangan pemenuhan sumber daya manusia yang ada saat ini dalam mendapatkan karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan, maka perusahaan juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang berpengaruh terhadap munculnya minat dan daya tarik untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut. Tantangan berikutnya yaitu keberadaan Generasi Z yang sedang mendominasi tempat bekerja. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk Tahun 2020, menunjukkan komposisi penduduk Indonesia sebagian besar berasal dari Generasi Z sebanyak 26,46%. Pada tahun 2023, seluruh industri dan bisnis menjadi lebih menantang dengan kolompok tenaga kerja yang berasal dari Generasi Z. Dalam era digital dan perkembangan teknologi informasi, generasi Z memiliki kecenderungan untuk mengandalkan internet sebagai sumber informasi utama dalam mencari pekerjaan. E-recruitment menjadi sarana yang penting dalam proses pencarian pekerjaan bagi generasi ini. Namun, tidak semua perusahaan mampu memanfaatkan e-recruitment secara efektif, sehingga hal ini dapat berdampak pada minat generasi z dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Selain itu, citra perusahaan juga merupakan faktor yang signifikan dalam menarik minat generasi z untuk melamar pekerjaan. Citra perusahaan yang positif dapat menciptakan daya tarik dan kepercayaan bagi calon karyawan untuk melamar pekerjaan, sedangkan citra perusahaan yang negatif dapat mengurangi minat mereka untuk bergabung dengan perusahaan. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran citra perusahaan dan e-recruitment dalam mempengaruhi minat generasi z dalam melamar pekerjaan. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat tersebut, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas e-recruitment dan meningkatkan citra perusahaan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yang telah dipertimbangkan sebelumnya. Penyebaran kuisiner dilakukan via google form dengan mengisi secara online. Software yang digunakan adalah software SEM SmartPLS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Use Of Social Media, Employer Attractiveness, Corporate Reputation, Intention to Aapply, Generasi Z |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Magister Manajemen |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/420 |
Actions (login required)
View Item |