Akromuddin, Dedi Sigit (2022) STRATEGI PEMASARAN KOPERASI SIMPAN PINJAM CU BANGUN SEJAHTERA DALAM UPAYA MENARIK NASABAH. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
Text
TESIS DEDI SIGIT AKROMUDDIN 180232002.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang Strategi Pemasaran Koperasi Simpan Pinjam Cu Bangun Sejahtera Dalam Upaya Menarik Nasabah. Adapun permasalahan yang dikaji yaitu seperti yang telah diketahui di Indonesia sendiri, bukan hanya koperasi yang memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada masyarakat melainkan sudah banyak lembaga-lembaga keuangan yang melakukan pemberian pinjaman pada masyarakat yang menginginkan modal terutama bank. Dalam mengembangkan koperasi, harus mempunyai strategi yang tepat dalam bersaing untuk meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengalisis Strategi yang dilakukan KSPCUBS dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya, Untuk menganalisis hambatan-hambatan yang dihadapi KSPCUBS dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya, untuk menganalisis kendala-kendala apa saja yang dihadapi KSPCUBS dalam menjalankan strategi pemasaran Personal Selling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, Fokus Penelitian yaitu mengetahui strategi bersaing didunia usaha untuk meningkatkan jumlah nasabah, Desain Penelitian adalah deskriptif yang dilakukan dengan cara menggambarkan subjek atau objek yang berupa lembaga-lembaga berdasarkan fakta-fakta yang tampak serta apa adanya, Data dan Sumber Data adalah data primer dan data sekunder, Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri, Peneliti bertindak sebagai Human instrument yang berfungsi untuk menetapkan fokus penelitian, pemilihan informan, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, manfsirkan data, dan membuat kesimpulan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-strategi yang dilakukakan KSPCUBS dalam bersaing yaitu, menyediakan produk yang dibutuhkan nasabah dan calon nasabah, meningkatkan kualitas produk, melakukan pendekatan dengan nasabah, melakukan promosi secara langsung, mengikuti perkembangan digitalisasi. Namun dilihat dari faktor internal dan eksternal yang dimiliki oleh KSPCUBS. Jumlah peningkatan nasabah KSPCUBS periode 2019-2020 sebesar 3,5% setiap tahun, itu artinya KSPCUBS harus meningkatkan promosi ke masyasarakat agar nasabah semakin bertambah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi dan koperasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Magister Manajemen |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/418 |
Actions (login required)
View Item |