PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus pada LAZ Amal Syuhada Yogyakarta)

Nafsi, Kiki Zakiah (2024) PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus pada LAZ Amal Syuhada Yogyakarta). Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI KIKI ZAKIAH NAFSI 2032209.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja LAZ Amal Syuhada Yogyakarta dengan pendekatan metode balance scorecard. Selama ini, pengukuran kinerja organisasi nirlaba dilakukan secara internal dan lebih berkonsentrasi pada tujuan jangka pendek (keuangan). Oleh karena itu, pengukuran kinerja menggunakan balanced scorecard memberikan solusi pengukuran kinerja yang lebih menyeluruh dan komprehensif dalam suatu organisasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rasio-rasio keuangan untuk perspektif keuangan, rasio retensi, akuisisi, dan tingkat kepuasan adalah untuk perspektif pelanggan, untuk perspektif proses bisnis internal yaitu proses inovasi dan operasi yang menggunakan analisis deskriptif, sedangkan rasio retensi, tingkat produktivitas dan tingkat kepuasan karyawan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (a) Perspektif Keuangan LAZ Amal Syuhada Yogyakarta mengalami peningkatan kinerja yang signifikan menunjukkan bahwa LAZ Amal Syuhada Yogyakarta telah dinilai mampu mempertahankan dan meningkatkan target penerimaan, (b) Perspektif pelanggan LAZ Amal Syuhada Yogyakarta pada bagian kepuasan pelanggannya atau muzakki dan mustahik mengalami kepuasan hingga 85%, c) Perspektif proses bisnis internal LAZ Amal Syuhada Yogyakarta memiliki kemampuan yang cukup baik dalam proses inovasi dan operasi yang dilakukan oleh lembaga, hal ini dibuktikan dengan skor realisasi inovasinya yang mencapai 100%, (d). Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan LAZ Amal Syuhada Yogyakarta memperoleh hasil yang sangat baik dengan terjalinnya kenyamanan dan hubungan yang baik antar karyawan sehingga produktivitas dan kepuasan kerja meningkat. LAZ Amal Syuhada Yogyakarta masuk dalam kategori area hijau muda dengan rentang nilai 81 - 90. Hal ini menunjukan bahwa kriteria penilaian dengan menggunakan metode balanced scorecard secara garis besar kinerja LAZ Amal Syuhada Yogyakarta sudah dapat dikatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Balanced Scorecard, Lembaga Amil Zakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:03
Last Modified: 21 Aug 2024 08:03
URI: http://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item