PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS CENDEKIA MITRA INDONESIA MENJADI WIRAUSAHA

-, Hildayanti (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS CENDEKIA MITRA INDONESIA MENJADI WIRAUSAHA. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI HILDAYANTI 2032087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran kewirausahaan merupakan sebuah bekal bagi seorang mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan baik teoritis maupun praktik yang nantinya akan menjadi jembatan dalam berwirausaha. Motivasi berwirausaha merupakan sebuah dorongan yang akan membantu menguatkan pembelajaran kewirausahaan dalam menumbuhkan minat menjadi wirausaha. Dari uraian tersebut peneliti tertarik mengangkat judul penelitian skripsi tentang pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2021 Universitas Cendekia Mitra Indonesia menjadi wirausaha, karena dengan itu diharapkan pembelajaran dalam menumbuhkan minat menjadi wirausaha mahasiswa akan tercapai. Berdasarkan analisis regresi linear berganda diperoleh hasil persamaan yaitu : Y = 7,839 + 0, 133X1 + 0,739X2 + e, analisis ini dapat diintrepretasikan bahwa minat menjadi wirausaha akan konstan sebesar 7,839 jika tidak ada pengaruh dari variabel pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t yaitu pembelajaran kewirausahaan terhadap minat menjadi wirausaha diperoleh nilai thitung > ttabel (7,707 > 1,994) dengan signifikansi 0.000 < 0.05 artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi wirausaha. Analisa uji t yaitu motivasi berwirausaha terhadap minat menjadi wirausaha diperoleh nilai thitung > ttabel (16,101 > 1,994) dengan signifikansi 0.000 < 0.05 artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi wirausaha. Dari analisis data menggunakan uji F yaitu pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi wirausaha dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (131.687 > 3.12) dengan signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, motivasi, minat, kewirausahaan, wirausaha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:03
Last Modified: 21 Aug 2024 08:03
URI: http://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item