ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA E-WALLET LINKAJA DI KOTA YOGYAKARTA

Fathoni, Rahmat (2023) ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA E-WALLET LINKAJA DI KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAT FATHONI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan keuangan di Indonesia memberikan dampak yang signifikan, Membuat persaingan pasar yang ketat memicu perubahan dalam bersaing antar perusahaan. Linkaja merupakan layanan keuangan digital yang merger antara Telkomsel dengan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) salah satu dari empat platform E-wallet yang menduduki peringkat teratas di Indonesia. Pada tahun 2020 Linkaja menandatangani kesepakatan pendanaan sebesar $100 juta dalam putaran seri B. Namun, kucuran dana tersebut belum memberikan pelayanan yang baik untuk dapat memberikan kepuasan konsumen Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yang diberikan E-wallet Linkaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan sebanyak 100 pengguna E-wallet Linkaja di Kota Yogyakarta terbagi menjadi kelompok jenis kelamin dan usia. Sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa regresi linier sederhana dan importance performance analysis. Hasil analisa menunjukan, kualitas pelayanan berpengaruh positif atau signifikan terhadap kepuasan konsumen yang diberikan E-wallet Linkaja. Sedangkan hasil importance performance analysis melalui perhitungan Tki didapati skor total sebesar 95.99% dalam hal ini menunjukan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh perusahan E-wallet Linkaja belum memenuhi kepuasan konsumen konsumen. Sedangkan, 12 atribut pernyataan menunjukan 3 atribut yang harus ditingkatkan kinerjanya oleh E-wallet Linkaja yaitu atribut mengenai harga promo, customer service dan font dalam aplikasi. Kata kunci: E-wallet Linkaja, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Importance Performance Analysis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:00
Last Modified: 21 Aug 2024 08:00
URI: http://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item