Daimah, - (2025) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM KONTEKS PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUASAN, LOYALITAS PELANGGAN SERTA PENINGKATAN PROFITABILITAS DI PT. SYNTAX CORPORATION INDONESIA. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
![]() |
Text
22132021_DAIMAH_(Hal Cover,Abstrak,Bab II,Dapust).pdf Download (444kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek atau dampak penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam strategi pemasaran digital terhadap hubungan pelanggan di era digital. Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, perusahaan kini menghadapi tantangan baru dalam mengelola interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiptrip analisis melalui survei kepada perwakilan tim marketing Perusahaan yang mengimplementasikan CRM berbasis digital dengan variabel kepuasan pelanggan, peningkatan terhadap loyalitas pelanggan, meningkatkan kinerja penjualan dan meningkatkan profitabiltas Perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CRM berbasis digital secara positif dapat meningkatkan efisiensi komunikasi, personalisasi layanan, dan pengelolaan data pelanggan secara lebih optimal, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan kepuasan, loyalitas, kinerja hingga profitabilitas. Selain itu, temuan ini juga mengungkapkan bahwa penggunaan alat pemasaran digital, seperti media sosial, email marketing, dan chatbot, semakin memperkuat hubungan perusahaan dengan pelanggan. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan memanfaatkan teknologi CRM digital yang terintegrasi dengan platform pemasaran digital untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan mencapai tujuan pemasaran yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, Pemasaran Digital, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Teknologi Pemasaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Magister Manajemen |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 22 May 2025 06:06 |
Last Modified: | 22 May 2025 06:06 |
URI: | https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |