KEBERMAKNAANHIDUPREMAJAPENYANDANG DISABILITAS (TUNA NETRA) DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS ( BRTPD ) DINAS SOSIAL DIY

Agustina, Lara Ayu (2024) KEBERMAKNAANHIDUPREMAJAPENYANDANG DISABILITAS (TUNA NETRA) DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS ( BRTPD ) DINAS SOSIAL DIY. Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

[img]
Preview
Text
200100277_LARA AYU AGUSTINA (Cover, Abstrak, BAB II, dan Daftar Pustaka)_Skripsi.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pencapaian kebermaknaan hidup remaja penyandang disabilitas (tuna netra) di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Dinas Sosial DIY. Peneliti menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi mendalam semi terstrukur perorangan sebagai metode pengumpulan data, kemudian pemilihan partisipan penelitian menggunakan metode purposive sampling, dimana peneliti melibatkan 3 remaja disabilitas (tuna netra) yang tergabung menjadi Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di BRTPD Dinas Sosial DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data analisis menggunakan teknik analisis melalui beberapa tahapan yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipan melalui 5 tahapan dalam menetukan makna hidup. Mulai dari tahap derita, tahap penerimaan diri, tahap penemuan makna, tahap realisasi makna dan tahap kehidupan bermkana. Artinya kebermaknaan hidup tidak hanya dapat ditemukan pada pengalaman-pengalaman menyenangkan, namun dalam keadaan tragis, tergantung bagaimana cara individu dapat menemukan makna dalam setiap pengalaman dalam hidupnya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Makna Hidup, Remaja, Tuna Netra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 05 Jun 2025 05:31
Last Modified: 05 Jun 2025 05:31
URI: https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item