IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI SEKOLAH IBNU KHALDUN

Sandi, Boy (2024) IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI SEKOLAH IBNU KHALDUN. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

[img]
Preview
Text
22132020_BOY SANDI_(Hal Cover,Abstrak,Bab II,Dapust).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan keuangan sekolah yang akuntabel dan transparan merupakan indiaktor utama dalam pengelolaan keuangan sehat dan baik. Karena itu, unsur utama dalam pengelolaan keuangan yang baik adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance yang diantaranya adalah akuntanbilitas, transparansi, efisiensi, partisipasi dan keadilan. Adapun permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah meskipun terdapat kebijakan dan pedoman yang mengatur tata kelola keuangan di sekolah Ibnu Khaldun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirbeon namun pelaksanaannya sering kali kurang optimal. Masalah utama yang dihadapi meliputi kurangnya transparansi dalam pelaporan keuangan, akuntabilitas dan kurangnya pengawasan yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi good governance dalam pengelolaan keuangan sekolah di Ibnu Khaldun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirbebon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Adapun pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Tingkat penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan keuangan di Sekolah Ibnu Khaldun termasuk cukup baik yang diaktualisasikan dengan prinsip akuntabilitas, transparansi, efisiensi, partisipasi dan keadilan. Di mana semua prinsip tersebut berjalan dengan sistem yang terkontrol dalam tubuh organisasi sekolah. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi good governance dalam pengelolaan keuangan di Sekolah Ibnu Khaldun tediri dari dua faktor yaitu faktor internal yaitu: a) Sumber daya manusia yang memiliki kapasitas dan integritas, b) Struktur organisasi yang kuat dan terstruktur, c) Komitmen kepemimpinan yang kuat. Faktor eksternal yaitu: a) Regulasi pemerintah, b) Dukungan tidak langsung masyarakat, dan c) Dukungan kuat steakholder. 3) Dampak dari penerapan good governance terhadap pengelolaan keuangan di Sekolah Ibnu Khaldun adalah berupa peningkatan pada aspek akuntabilitas dan transparansi dari sistem pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keuangan, Akuntabilitas, Pengelolaan, Pengelolaan yang Baik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Magister Manajemen
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 22 May 2025 03:17
Last Modified: 22 May 2025 03:17
URI: https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item