Rahmawati, Khayatul Izza (2024) HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA DI DESA TROTOK. Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
|
Text
200100256_KHAYATUL IZZA RAHMAWATI (Cover, Abstrak, BAB II, dan Daftar Pustaka)_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Peran orangtua dengan motivasi belajar remaja di desa Trotok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel pada penelitian ini yaitu remaja desa Trotok yang masih bersekolah mulai dari usia 13 – 18 tahun dengan jumlah sebanyak 109 remaja. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala Peran orangtua dan skala motivasi belajar, kedua skala tersebut disusun sendiri oleh peneliti. Skala Peran orangtua memiliki nilai cronbach alpha (a) sebesar 0,923 dengan jumlah 29 aitem yang valid dan skala motivasi belajar memiliki nilai cronbach alpha (a) sebesar 0,888 dengan jumlah 28 aitem yang valid. Berdasarkan hasil analisis uji data statistik diperoleh koefisien korelasi (rxy) positif sebesar 0,756 dengan taraf signifikansi 0,000 ( p<0,01 ). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara Peran orangtua dengan motivasi belajar remaja. Semakin tinggi Peran orangtua maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar pada remaja tersebut, begitupula sebaliknya. Rata-rata subjek Peran orangtua dan motivasi belajar memiliki kategori sedang. Sumbangan efektif yang diberikan dari Peran orangtua dengan motivasi belajar sebesar 57,1 % dan 42,9 % motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orangtua, Motivasi Belajar, Remaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 05:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 05:22 |
URI: | https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |