Lalomi, Zulfikar (2024) PERAN PERSEPSI KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SDN TRIHARJO SLEMAN. Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
|
Text
200100246_ZULFIKAR LALOMI (Cover, Abstrak, BAB II, dan Daftar Pustaka)_Skripsi.pdf Download (691kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan membaca merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa agar dapat mendukung materi pelajaran lainnya pemodelan membaca dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubuungan persepsi keterlibatan orang tua terhadap keterampilan membaca siswa SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan skala yaitu skala keterampilan membaca dan skala persepsi keterlibatan orang tua. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3,4, dan 5 di SDN Triharjo Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel adalah 103 siswa dengan kriteria sampel yaitu siswa kelas 3,4, dan 5, laki-laki dan perempuan serta tinggal bersama orang tua. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. hasil analisis menunjukan bahwa ada hubungan antara persepsi keterlibatan orang tua terhadap keterampilan membaca, nilai r =0,689. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan membaca berada pada kategori tinggi sebanyak 89,3%, dan persepsi keterlibatan orang tua berada pada kategori tinggi sebanyak 89,3%.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, persepsi keterlibatan orangtua, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:13 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 04:13 |
URI: | https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |