HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN EMPATI PADA MAHASISWA

Atahiroh, Atahiroh (2024) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN EMPATI PADA MAHASISWA. Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

[img]
Preview
Text
200100242_ATAHIROH (Cover, Abstrak, BAB II, dan Daftar Pustaka)_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan empati pada mahasiswa dalam sebuah komunitas gamer. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian, yaitu mahasiswa yang berusia 18-25 tahun dan aktif yang bermain game online minimal 5 jam dalam sehari, laki-laki atau perempuan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 101 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan nonprbability sampling. Instrument penelitian digunakan untuk mengukur ke-2 variabel, yaitu variabel skala empati dan variabel skala kecanduan game online. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis product moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada hubungan negatif antara kecanduan game online dengan empati pada mahasiswa dengan rxy= -739, (p<0,000); (2) ada hubungan secara simultan antara kecanduan game online dengan empati dengan nilai r=0,546, F=146.850 (p<0,000). Sumbangan efektif kecanduan game online dengan empati sebesar 54,6%. Implikasi penelitian ini adalah mahasiswa rendah empati akibat kecanduan game dan perlu adanya mengurangi kegiatan bermain game dan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain untuk mengasah rasa empati.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: empati, kecanduan game online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:10
Last Modified: 05 Jun 2025 04:10
URI: https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item