Agustina, Nurhayati (2024) PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK), INOVASI PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN INDOMIE PADA GENERASI “Z”. Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
![]() |
Text
2032159_NURHAYATI AGUSTINA (Hal Cover, Abstrak, Bab II, Daftar Pustaka)_Skripsi.pdf Download (346kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara brand image (citra merek), inovasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie pada generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang termasuk dalam generasi Z (kelahiran tahun 1997-2012) yang berjumlah 100 orang dengan kriteria pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi produk mie instan merek Indomie. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Analisis regresi linear berganda, Y = 3,345 + 0,559 Brand image + 0,367 Inovasi Produk - 0,053 Harga. 2) Berdasarkan hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel brand image (citra merek) dengan nilai thitung 3,542 > ttabel 1,98793 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, artinya brand image (citra merek) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel inovasi produk dengan nilai thitung 3,411 > ttabel 1,98793 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, artinya inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga dengan nilai thitung -0,394 < ttabel 1,98793 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,695 > 0,05, artinya harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 27,714 > Ftabel 2,72 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, artinya bahwa brand image (citra merek), inovasi produk, dan harga secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Inovasi Produk, Harga, Keputusan Pembelian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:28 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:26 |
URI: | https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |