PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI, DAN MINAT TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Psikologi Universitas Cendekia Mitra Indonesia

Alam, Taufan (2024) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI, DAN MINAT TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Psikologi Universitas Cendekia Mitra Indonesia. Universitas Cendekia Mitra Indonesia.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap keputusan berwirausaha, pengaruh motivasi terhadap keputusan berwirausaha, pengaruh minat terhadap keputusan berwirausaha, dan pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi, dan minat secara simultan terhadap keputusan berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan asosiatif kausal. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Cendekia Mitra Indonesia yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan satu, dua, dan tiga yang berjumlah 88 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil regresi Y= 0,952 + 0,188X1 + 0,0266X2 + 0,234X3 +e menunjukan bahwa pengetahuan kewirausahaan, motivasi dan minat berpengaruh secara positif terhadap keputusan berwirausaha. Hasil uji t menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, dengan nilai signifikan sebesar 0,001 dimana lebih kecil dari nilai probabilitasnya yaitu 0,05 sehingga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha, motivasi dengan nilai signifikan sebesar 0,001 dimana lebih kecil dari nilai probabilitasnya yaitu 0,05 sehingga berpengaruh positif signifikan signifikan terhadap keputusan berwirausaha, minat dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,05 sehingga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha, dan berdasarkan hasil regresi linear berganda koefisien pengetahuan kewirausahaan, motivasi, dan minat secara bersama-sama memiliki nilai signifikan sebesar 49,861 ditujukan dalam kolom F dengan nilai signifikan 0,000 dimana lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,05 sehingga tiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan kewirausahaan, Motivasi, Minat, Keputusan Berwirausaha.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Administrator Unicimi
Date Deposited: 06 May 2025 06:28
Last Modified: 22 May 2025 03:25
URI: https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item