Alamatin, Muhidin Isma (2024) PENGARUH SPIRITUALITAS DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA MELALUI KETANGGUHAN PADA GURU - GURU PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN DI YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Cendekia Mitra Indonesia.
![]() |
Text
22132015_MUHIDIN ISMA ALMATIN_(Hal Cover,Abstrak,Bab II,Dapust).pdf Download (503kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh spiritualitas dan pelatihan terhadap kinerja guru dengan ketangguhan sebagai variabel mediasi di Pondok Pesantren Ainul Yakin, Yogyakarta. Pen-dekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik. Fokus penelitian men-cakup pengaruh langsung spiritualitas terhadap kinerja, pengaruh pelatihan terhadap kinerja melalui ketangguhan, serta peran mediasi ketangguhan antara spiritualitas, pelatihan, dan kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Pelatihan juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja melalui peningkatan ketangguhan individu. Ketangguhan terbukti menjadi faktor penting dalam menghada-pi tantangan profesi guru dan meningkatkan produktivitas kerja. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan aspek spiritualitas, penyelenggaraan pelatihan berkelanjutan, serta pengembangan ketangguhan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di Pondok Pesantren Ainul Yakin. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur manajemen pendidikan serta rek-omendasi praktis bagi lembaga pendidikan agama dalam meningkatkan kinerja guru melalui pen-dekatan holistik yang melibatkan spiritualitas, pelatihan, dan ketangguhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Spiritualitas, Pelatihan, Ketangguhan, Kinerja Guru, Pondok Pesantren Ainul Yakin. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Psikologi > Program Studi Magister Manajemen |
Depositing User: | Administrator Unicimi |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:59 |
URI: | https://repo.unicimi.ac.id/id/eprint/692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |